by Bloger Lumoshive Ara

Jun 23, 2022

Cloud Gaming untuk Game Developer Publisher

Sahabat Lumoshive kamu perlu tahu nih, secara umum arsitektur cloud gaming merupakan tuntutan yang terlalu tinggi yang dibutuhkan oleh spesifikasi komputer. Hal ini karena setiap permainan yang dimainkan di dalam server dan tidak di dalam komputer.

Cloud gaming adalah salah satu inovasi paling menarik dalam beberapa tahun terakhir. Ide bermain game yang biasanya membutuhkan PC gaming bertenaga tinggi dan mahal di perangkat apa pun sangat menarik. Meskipun iklan untuk game cloud mendarat di sisi hiperbolik, beberapa klaim itu benar.

 

Apa Itu Cloud Gaming?

Singkatnya, cloud gaming adalah sebuah gagasan bahwa kita tidak lagi membutuhkan PC atau konsol untuk bermain game. Cloud gaming (disebut juga game on demand) memiliki banyak kesamaan dengan streaming video di Youtube.

Selain itu kita tidak perlu mengunduh video di YouTube agar bisa menyaksikannya, selama kita terkoneksi dengan internet. Begitu juga dengan cloud gaming, kamu tidak perlu download game tersebut.

Ketika kita akan mengakses suatu game melalui cloud gaming, server akan menjalankan sebuah game untuk kamu.

Server akan melakukan berbagai pekerjaan berat, ketika komputer kamu hanya perlu menerima video dan audio dari game yang sedang kamu mainkan.

Selain itu yang perlu kamu lakukan adalah bermain dengan menggunakan controller yang ada seperti keyboard dan mouse. Katakanlah seperti saat  kamu sedang menikmati layanan streaming video, namun interaktif sehingga kamu bisa memberikan timbal balik.

 

Keuntungan Cloud Gaming

Secara teori, ada banyak sekali keuntungan yang kamu dapatkan berkat kehadiran cloud gaming ini. Apa saja?

1. Tidak Perlu Membeli Perangkat Mahal

Dengan cloud gaming, kamu tidak perlu merakit PC khusus untuk bermain game. Kamu bisa menggunakan komputer atau laptop yang sekarang kamu miliki.

Kamu juga hanya perlu membeli semacam streaming box ataupun controller yang harganya tidak terlalu mahal.

2. Bermain Game di Berbagai Perangkat

Di era sekarang ini, kebanyakan  para developer game harus membuat versi yang berbeda untuk komputer dan handphone.

Dengan adanya cloud gaming, game-game yang ada akan bisa dimainkan di berbagai platform. Jadi, kamu bisa bermain game PC melalui handphone

3. Integrasi ke Televisi dan Perangkat Lainnya

Dengan semakin banyaknya Smart TV, tidak menutup kemungkinan kalau kamu juga bisa memainkan game melalui televisi agar terasa semakin lega.

TV tersebut tidak akan membutuhkan perangkat seperti PlayStation untuk bermain game. Selama TV tersebut menggunakan software dan controller yang tepat, kamu sudah bisa bermain game.

4. Bermain Secara Instan

Salah satu contoh adalah ketika kamu ingin bermain game seperti PUBG Mobile menggunakan handphone, kamu hanya perlu mengunduh file yang jumlahnya hingga satu atau dua gigabytes (GB).

Jadi, dengan adanya cloud gaming, proses lama seperti itu tidak akan dibutuhkan lagi dan kamu dapat bermain game-game favoritmu secara instanbagkan dapat digunakan selama sesuai keinginnan kamu.

 

Kerugian Cloud Gaming

Tentu yang namanya inovasi tidak terlepas dari kekurangan. Tidak mungkin ada teknologi yang tanpa celah sehingga terlihat sempurna.

Begitu pula cloud gaming. Terdapat beberapa kekurangan yang akan Jaka jabarkan di bawah ini.

1. Rendahnya Resolusi Game

Karena tergantung dengan jaringan, maka game yang akan tampil pun juga tergantung dengan kecepatan internet yang kamu miliki.

Ini sama dengan ketika kamu streaming Youtube, di mana ketika sinyal mendadak lambat video akan otomatis berpindah ke resolusi rendah atau bahkan mengalami buffering.

Pada Cloud Gaming, bisa terjadi lag karena koneksi internet kamu yang kurang memadai. Jika dibandingkan dengan game PC yang membutuhkan puluhan giga memori, jelas kualitas yang dihasilkan oleh cloud gaming akan kalah.

2. Butuh Bandwidth yang Tinggi

Cloud gaming membutuhkan bandwidth yang sangat tinggi agar kamu bisa bermain game dengan lancar.

Satu game bisa membutuhkan bandwidth lebih dari 3GB tiap jamnya. Menilik  kecepatan di atas rata-rata internet di Indonesia, tentu kita tidak akan bisa menikmati layanan ini.

3. Respon yang Lambat

Cloud gaming membutuhkan waktu untuk mengirim sinyal yang kamu kirimkan melalui controller-mu, sehingga bisa dipastikan respon yang diberikan tidak akan selalu cepat.

Tentu hal ini, berbeda jika kamu bermain game menggunakan PC atau ponsel, di mana respon yang diberikan akan terjadi secara real-time.

 

Keuntungan sisi developer

Salah satu keuntungan utama dari sisi developer adalah pada berkurangnya beban mereka untuk meningkatkan kemampuan gambar permainan pada spesifikasi komputer yang terbatas.

Jika nantinya layanan Cloud Gaming sukses maka dengan mudah developer cukup menggunakan patokan spesifikasi dari Cloud Gaming server yang digunakan tanpa harus banyak memikirkan berbagai spesifikasi lain.

Hal tersebut akan mengurangi waktu pengembangan serta membuat pekerjaan lebih ringan. Hal ini dapat tergambarkan pada permainan digital World of Warcraft yang memiliki berbagai spesifikasi grafik untuk komputer yang berbeda.

Secara tidak langsung mereka akan lebih terbantu jika developer yang bekerja dengan mereka dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Diluar itu mereka akan memiliki jalur distribusi yang makin bertambah sehingga dapat menjangkau lebih banyak pemain.

Selain itu, ini akan menguntungkan para penyedia jasa Cloud Gaming dimana mereka akan  mendapatkan pemasukan dari dua tipe transaksi. Namun, transaksi pertama adalah subscription dimana para pemain cukup membayar beberapa puluh atau bahkan belas dollar untuk dapat memainkan berbagai game melalui cloud.

 

 

Membungkus

Terima kasih sudah menyisihkan sedikit waktu untuk membaca artikel diatas. Jika Anda tertarik untuk bekerja sama dengan Lumoshive Anda dapat menghubungi kami melalui :

Email : [email protected]

Instagram : @lumoshive.official

Sampai jumpa dilain hari dengan artikel selanjutnya!!

Related Post

Bangga Dengan Menjadi Pengembang Cloud Sendiri?–Panduan Pengembang Web Google Cloud Untuk Pemula

by Bloger Lumoshive Ara

Jun 07, 2022

0

Seperti platform cloud lainnya, Google Cloud memiliki berbagai layanan berbeda untuk membantu me...

5 Tren Cloud Computing Terbesar Yang Wajib Diketahui

by Bloger Lumoshive Ara

Jun 19, 2022

0

Mendengar istilah nama komputasi awan, pada umumnya memang sudah sangat populer di tahun 2020 dan ...

Gelombang Gaming Dengan Beberapa Layanan Cloud Gaming Terbaik

by Bloger Lumoshive Ara

Jun 22, 2022

0

Sahabat Lumoshive sejak tahun 1970-an kamu perlu tahu nih, jika video game sudah berevolusi dimana...

Yang Lagi Tren Nih Teratas Untuk 2022

by Bloger Lumoshive Ara

Jun 20, 2022

0

Sahabat Lumoshive, menyebut istilah komputasi awan mungkin sudah tidak asing lagi di dunia tekno...