by Bloger Lumoshive Ara

Jun 28, 2022

Berkembangnya Wi-Fi 6E Yang Cukup Pesat Dan Dapat Bermanfaat Untuk Bisnis di Tahun 2022

Sahabat Lumoshive, kita tahu bahwa, jaringan seluler 5G telah menjadi pusat perhatian pada tahun 2021, dengan implementasi nyata di kampus dan di perusahaan. Ini menjadi dasar untuk transisi cepat ke Wi-Fi 6E.

Ketika para karyawan di seluruh kawasan APAC mencatatkan kebutuhan yang lebih tinggi untuk bekerja secara hybrid, maka perusahaan-perusahaan dituntut untuk semakin konsisten memastikan bahwa melalui sistem tersebut para karyawan akan terhubung secara efektif dan efisien dalam mewujudkan tempat kerja kolaboratif yang ideal.

Wi-Fi 6E memiliki kapasitas yang tinggi dengan tambahan spektrum baru 1200 MHz, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan teknologi sebelumnya. Sejalan dengan adanya kebutuhan untuk hybrid work, firma riset pasar terkemuka 650 Group memperkirakan unit Access Point Wi-Fi 6E untuk enterprise akan tumbuh lebih dari 200 persen pada 2022.

Hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan-perusahaan menyadari dengan cepat potensi 6E, terutama karena adanya ketergantungan terus-menerus terhadap aktivitas-aktivitas seperti video conference, telemedicine, dan pembelajaran jarak jauh.

Pasalnya, kecepatan menjadi kunci utama yang membuat Wi-Fi semakin populer. Pada sekitar April 2020, Wi-Fi 6E muncul sebagai generasi Wi-Fi terbaru yang revolusioner. Kehadiran Wi-Fi 6E bisa menjadi angin segar untuk perkembangan koneksi internet yang lebih besar bandwidthnya dan super kencang.

Selain itu, konektivitas dapat menghadirkan kemudahan ketika ingin berkomunikasi. Baik lewat email, smartphone, dan perangkat digital lainnya. Dengan adanya koneksi internet, pengalaman pengguna akan ditingkatkan, serta menghubungkan industri bisnis di seluruh dunia.

Semakin cepat konektivitas, maka semakin bagus. Karena, konektivitas terkadang bukan hanya menentukan cara kita bekerja. Melainkan, seberapa cepat kita menyelesaikan sesuatu dan bisa saling berkolaborasi dalam satu tim.

 

Apa itu WiFi 6E? 

Secara umum, Wi-Fi 6E adalah pengembangan Wi-Fi 6 sesuai IEEE 802.11ax ke pita frekuensi 6GHz. Menawarkan kecepatan koneksi yang tinggi, dan latency yang rendah. Sehingga, kinerja jaringan akan semakin maksimal ketimbang Wi-Fi standar.

Wi-Fi 6E beroperasi pada pita 6 GHz dari rentang 5925 MHz hingga 7125 MHz yang mencakup total bandwidth 1200 MHz. Pada dasarnya, pita 6 GHz adalah jaringan yang dioptimalkan di mana perangkat WiFi 6E dapat mengirimkan data lebih cepat dari sebelumnya.

 

Fitur dan Keunggulan WiFi 6E

Contohnya, Anda bisa bermain game atau nonton streaming di perangkat digital dalam 4K dan 8K. Selain itu, Wi-Fi 6E jauh lebih aman, karena jaringan pita 6 GHz sulit untuk diretas. Berikut adalah beberapa fitur dan keunggulan Wi-Fi 6E:

● Menyediakan kecepatan dalam jangkauan gigabit.

● Mendukung hingga 1,2 GHz di pita 6 GHz.

● Kecepatan hingga 2 Gbps di ponsel.

● Menyediakan latensi yang sangat rendah (< 1 ms ).

● Menawarkan kapasitas yang lebih tinggi dan lebih sedikit gangguan karena spektrum frekuensinya tidak umum untuk perangkat rumah tangga nirkabel mana pun.

● Mendukung saluran yang lebih luas dalam 80 MHz dan 160 MHz BW (Bandwidth).

 

Bagaimana Wi-Fi 6E Bisnis Anda?

Sejak pandemi COVID-19 memukul berbagai sektor industri, banyak perusahaan yang memilih sistem kerja online dan hybrid. Maka dari itu, konektivitas menjadi bagian penting yang akan mendukung kinerja dan operasional perusahaan.

Selain itu, perusahaan harus mempercepat transisi penyimpanan data ke teknologi Cloud agar lebih fleksibel ketika bekerja dari mana saja. Belum lagi, adanya konten video marketing yang semakin marak. Membuat permintaan akan konektivitas Wi-Fi semakin meroket. Faktanya, menurut laporan Wi-Fi Alliance, ada sebanyak 16,4 miliar klien dan perangkat IoT yang sekarang digunakan.

Inilah mengapa penting kita, menambah kecepatan koneksi agar lebih kencang, stabil, dan gesit. Wi-Fi 6E secara luas dianggap sebagai solusi ideal untuk permasalahan koneksi yang ada saat ini. Jika bisnis Anda ingin tetap terdepan di tengah kompetisi pasar, bandwidth 6GHz sangat layak diaplikasikan. Dengan bandwidth yang lebih besar, maka diharapkan kinerja perusahaan juga makin optimal.

Hadirnya Wi-Fi 6E akan menjadi jalan keluar bagi permasalahan konektivitas bisnis Anda. Perusahaan-perusahaan yang ingin meningkatkan kapasitas lebih luas di 6 GHz, sudah seharusnya mulai beralih ke Wi-Fi 6E.

Berikut adalah bagaimana Wi-Fi 6E dapat mendukung konektivitas perusahaan :

● Menyediakan peningkatan kapasitas yang lebih besar dengan bandwidth 6 GHz.

● Dapat meminimalisir gangguan sinyal yang signifikan dengan throughput agregat maksimum 3,9 Gbps.

● Mendukung lebar pita (bandwidth) yang tinggi.

Unified communication generasi terbaru didukung kecerdasan buatan / Artificial Intelligent (AI).

● Mendukung aplikasi low-latency, termasuk Video HD (High Definition), Augmented Reality, Virtual Reality, Cloud technology, serta IoT (Internet of Things), dan masih banyak lagi fitur canggih lainnya.

Konektivitas

Secara umum, konektivitas menciptakan sebuah lingkungan kolaboratif yang efisien di masyarakat. Gara lebih mudah melakukan transaksi keuangan, belanja, mengakses informasi, belajar, bahkan bekerja, dan masih banyak lagi.

Di samping itu, konektivitas dapat menghadirkan kemudahan ketika ingin berkomunikasi. Baik lewat email, smartphone, dan perangkat digital lainnya. Dengan adanya koneksi internet, pengalaman pengguna akan ditingkatkan, serta menghubungkan industri bisnis di seluruh dunia.

Semakin cepat konektivitas, maka semakin bagus. Karena, konektivitas terkadang bukan hanya menentukan cara kita bekerja. Melainkan, seberapa cepat kita menyelesaikan sesuatu dan bisa saling berkolaborasi dalam satu tim.

 

Membungkus

Terima kasih sudah menyisihkan sedikit waktu untuk membaca artikel diatas. Jika Anda tertarik untuk bekerja sama dengan Lumoshive Anda dapat menghubungi kami melalui :

Email : [email protected]

Instagram : @lumoshive.official

Sampai jumpa dilain hari dengan artikel selanjutnya!!

Related Post

Ketahui 5 Alasan Mengapa 5G Sangat Penting di Tahun 2022?

by Bloger Lumoshive Ara

Apr 10, 2022

0

    Jaringan 5G saat ini terus mencoba direalisasikan oleh berbagai pihak pemerintah s...

Mengatasi Hotspot yang Tidak Terhubung Dengan Menggunakan Wifi Windows 10

by Bloger Lumoshive Ara

Mar 17, 2022

0

  Anda tahu bahwa Hotspot seluler merupakan alternatif atau efisien untuk berbagai koneksi i...

Menurut Pakar RI Benarkah Butuh Waktu 3 Tahun Untuk Mengoptimalkan Jaringan 5G di Indonesia?

by Bloger Lumoshive Ara

Apr 11, 2022

0

  Menurut pakar teknologi Direktur Eksekutif indonesia ICT Institute Heru Sutadi menyebutkan...