by Bloger Lumoshive Ara

May 10, 2022

Panduan Lengkap Membuat Website Menggunakan Platform Joomla! Untuk Pemula

 

Halo sahabat Lumoshive, pada kesempatan kali ini tim kami akan menjelaskan panduan lengkap bagaimana cara membuat website, menggunakan Content Management System (CMS) platform Joomla!.

 

Joomla merupakan salah satu Content Management System (CMS) yang sering digunakan untuk membuat situs web pribadi atau bisnis situs web. Saat ini Joomla digunakan oleh lebih dari 3 persen dari semua situs yang ada di internet. Joomla biasanya dipakai untuk forum website, toko online, reservasi tiket, dan web yang membutuhkan sistem inventaris data yang rapi.

 

Dalam panduan ini, kami akan memberikan tutorial menginstal Joomla, membuat situs web menggunakan Joomla, beserta penjelasan beberapa fitur yang sering digunakan di Joomla.

 

 

Apa itu Joomla?

Joomla adalah CMS gratis dan open source untuk mempublikasikan konten website. Joomla digunakan untuk membuat situs web dengan model-view-controller. Joomla juga termasuk CMS paling populer di tahun 2022 sekarang ini setelah WordPress. Joomla digunakan untuk membangun situs web apapun seperti, membuat web pribadi, blog, e-commerce, game, dan lain-lain. 

 

Joomla memiliki 35 ekstensi dan di dalamnya terdapat ratusan kategori di setiap ekstensinya. Joomla digunakan untuk situs web manajemen ekstensi atau peningkatan performa situs web. Ekstensi-ekstensi tersebut terbagi menjadi beberapa kategori yaitu:

 

  • Component: dapat membantu Anda untuk mengolah elemen utama, konten, dan item menu.

  • Modules: membantu Anda untuk menambahkan widget di setiap situs web komponen, misalnya pada footer atau info tentang artikel terbaru di sidebar.

  • Plugin:fungsi plugin dapat membantu Anda untuk menambahkan pemutar musik, atau icon share media sosial untuk meningkatkan kinerja situs Web Anda.

  • Template: digunakan untuk mendesain situs web dan tata letak untuk membuat situs web Anda lebih bagus.

  • Bahasa: menawarkan paket terjemahan untuk membuat situs web Anda multi-bahasa.



Instal Joomla

Berikut ini adalah proses instalasi Joomla di cPanel:

 

Langkah 1: Masuk cPanel

Langkah pertama, login ke halaman cPanel hosting Anda. Masukkan username dan password lalu klik Log in.

 

 

 

 

 

2.Instal Joomla

Setelah Anda berhasil masuk ke halaman cPanel, cari menu Softaculous App Installer. Anda juga bisa mencari Joomla dengan fitur search di cPanel. Kemudian, klik pada icon Joomla seperti pada gambar di bawah ini. 

 

 



Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman Install Joomla seperti pada gambar berikut. Kemudian, klik Install Now untuk memulai instalasi Joomla.

 




Setelah itu, Anda akan diminta untuk menuliskan beberapa informasi berikut:

 

  • Versi Joomla yang akan diinstal. Pada panduan ini akan menginstall versi terbaru Joomla.

  • Pilih URL instalasi: Pilih domain yang akan diinstall Joomla dan tentukan lokasi instalasi Joomla. Pada panduan ini, kami sengaja mengosongkan direktori. Maka, Joomla akan di instal di folder public_html hosting.

  • Nama Situs (Isikan dengan nama situs Anda).

  • Deskripsi Situs (Isi dengan deskripsi website yang ingin Anda buat).

  • Import Data Sampel (Pilih Tidak Ada).

  • Nama Pengguna Admin (Masukkan nama pengguna yang akan Anda gunakan untuk login ke dalam Dashboard Joomla).

  • Kata Sandi Admin (Masukkan kata sandi untuk login Joomla). Untuk pembuatan password, pastikan indikator menunjukan password yang kuat seperti pada gambar di bawah. Ini untuk memastikan agar sandi Anda tidak mudah ditebak oleh pengguna lain.

  • Nama Asli (Isikan nama yang akan ditampilkan di halaman dashboard Joomla).

  • Email Admin (Isikan email aktif Anda untuk proses pengungkit).

  • Pilih Bahasa (Pilih bahasa yang akan digunakan untuk tampilan halaman dashboard Joomla).

 

 

 

 

 

Setelah Anda mengisi informasi seperti pada gambar di atas, klik Install untuk memulai proses instalasi Joomla. Lalu, tunggu hingga proses instalasi selesai. 

Selanjutnya, akan muncul informasi untuk masuk ke dalam dashboard Joomla seperti pada gambar di bawah ini. 

 

Jika muncul gambar seperti di bawah ini, maka proses instalasi Joomla telah berhasil. Untuk login ke halaman dashboard Joomla klik link https://namadomain.com/administrator.

 

 

 

 

 

 

3.Login Halaman Admin Joomla

Kemudian, Anda akan diarahkan ke menu login Joomla. Masukkan username dan password yang telah Anda buat saat proses instalasi Joomla dan klik Login.

 

 

 

 

Jika Anda sudah berhasil login, maka tampilannya akan terlihat di dashboard Joomla seperti contoh di bawah:

 

 

 

 

 

 

Membuat Website dengan Joomla

Pada halaman control panel Joomla, Anda diberi banyak opsi untuk membangun dan mengelola situs web Anda. Berikut ini beberapa cara membuat website menggunakan Joomla:

 

 

Menambahkan Artikel

Untuk menambahkan artikel pada panel kontrol Joomla, Anda bisa memilih tab menu New Article:

 

 

 

 

Selanjutnya, Anda akan diarahkan pada halaman membuat artikel baru. Tampilannya seperti pada gambar di bawah ini.

 

 

 

 

Contoh halaman diatas menampilkan: Anda bisa menyimpan artikel, melakukan publikasi ( publish), menarik artikel dari publikasi ( unpublished ), dan mengarsipkan artikel (archive ). 

 

Klik tombol Save & Close untuk kembali ke halaman control panel Joomla.

Setelah postingan artikel yang sudah Anda tambahkan disimpan dan publish, maka akan muncul artikel baru di website Anda.

 

 

Membuat Kategori

Pembuatan kategori dalam Joomla fungsi adalah dapat membantu Anda untuk memudahkan mencari menu blog. Anda juga bisa membuat kategori dengan cara klik pada tab menu Categories.

 

 

 

 

 

Selanjutnya, Anda akan diarahkan pada halaman pembuatan kategori. masukkan nama (title) dan alias kategori. Lalu, berikan deskripsi singkat tentang kategori yang telah dibuat.

 

Untuk menyimpan hasil perubahan, Anda dapat menekan tombol Save & Close. Secara otomatis, Anda akan kembali ke halaman control panel Joomla.

 

 

 

 

 

 

Menambahkan Artikel Unggulan 

Fungsi dari artikel unggulan adalah, untuk mengunggulkan beberapa artikel yang akan Anda soroti dalam blog. Untuk menambahkan artikel unggulan pada Joomla, Anda bisa klik menu tab Articles.

 

 

 

 

 

Setelah Anda masuk ke dalam menu Articles, pilih Featured Articles dan klik icon bintang pada artikel. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Dengan begitu, artikel yang Anda pilih akan tampil lebih dulu di halaman beranda situs web.

 

 

 

Membuat Menu 

Penambahan menu dalam blog bertujuan untuk memudahkan pengunjung blog dalam pengaturan kategori blog. Untuk membuat menu di panel kontrol Joomla, ikuti langkah-langkah berikut..

 

1.Klik Menu > Main Menu Blog > Add New Menu Item pada halaman control panel Joomla.

 

 

 

 

 

2.Anda akan diarahkan pada halaman pembuatan menu seperti pada gambar di bawah ini.

 

 

 

 

 

Berikut petunjuk pengisian formulir yang perlu Anda ikuti: 

 

  • Judul Menu . Isi dengan nama menu yang ingin Anda tampilkan di halaman blog Anda.

  • Jenis item menu . Pilih jenis menu yang akan Anda tampilkan di halaman blog. Pada artikel ini, kami akan memilih Kategori Blog untuk dijadikan menu.

  • Pilih Kategori . Ketika Anda memilih jenis menu Kategori Blog , maka akan ada pilihan kategori yang bisa Anda masukkan ke menu tersebut. Di sini, kami akan menggunakan kategori tech .

  • Tag . Tag bisa dikosongkan atau Anda diisi menggunakan kata kunci target yang Anda gunakan. 

  • Tautan . Form link akan membuat link otomatis untuk kategori blog.

  • Jendela Sasaran . Di Target Windows, Anda dapat memilih Parent (tetap pada halaman blog), New Window With Navigation ( new tab browser ), atau New Without Navigation ( new window browser ). Pada paduan ini kami menggunakan Parent untuk jendela target.

  • Gaya Template . Tampilan yang akan kami gunakan adalah tampilan default. Jadi, kami pilih Gunakan Default .

 

 

Setelah Anda mengisi semua formulir pembuatan menu, klik Simpan & Tutup untuk menyimpan dan menutup halaman pembuatan menu. Untuk dapat mengecek hasil menu baru yang ditambahkan pada website Anda, Anda perlu mengakses domain website Anda. Jika sudah berhasil, maka Anda akan menemukan menu yang ada di bawah header website. Bentuknya seperti pada gambar di bawah ini.

 

 

 

3.Instal Ekstensi Joomla

Joomla memiliki beberapa komponen bawaan yang memungkinkan Anda membuat jenis halaman tertentu. Dalam tutorial ini, kami akan menunjukan cara membuat beberapa komponen yang sering digunakan, yaitu News Feed , page Contacts , dan Banners

 

Untuk menginstall ekstensi Joomla, Anda perlu menuju menu Components. Menu ini ada di bagian menu bar control panel Joomla. Supaya lebih jelas, ikuti gambar di bawah ini.

 

 

 

 

 

Menambahkan spanduk

 

 

 

Untuk menambahkan banner ke dalam website, Anda bisa klik menu Banners > Banners.

 

Setelah Anda masuk ke dalam halaman pembuatan banner, klik New untuk menambahkan banner pada website.

 

 

 

 

Selanjutnya, Anda perlu mengisi informasi untuk pembuatan banner yang akan Anda gunakan pada halaman website, yaitu:

 

  • Nama (Tulis nama banner yang akan Anda buat).

  • Ketik (Tentukan jenis banner yang akan Anda gunakan). Di Joomla ada dua pilihan yaitu Image dan Custom . Pada paduan ini, kami akan memilih jenis banner Image .

  • Gambar (Pilih gambar yang akan Anda gunakan untuk banner). 

  • Lebar (Tentukan lebar gambar pada banner).

  • Tinggi (Tentukan tinggi gambar pada banner).

  • Teks Alternatif (Masukkan teks alternatif yang digunakan untuk spanduk).

  • Klik URL (Tambahkan URL pada gambar agar ketika gambar di klik bisa diarahkan ke halaman yang Anda inginkan).

 

Setelah Anda mengisi semua informasi banner, Save & Close untuk menyimpan dan menutup hasil penambahan banner. Berikut tampilan layar agar lebih jelas..

 

 

 

 

Kemudian, Anda perlu menampilkan banner pada halaman website Anda. Caranya adalah klik pada tab menu Extensions > Modules.

 

 

 

 

 

Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman Modules. Lalu, klik New dan pilih jenis modul Banners.

 

 

 

 

 

Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman untuk setting modul. Berikan Title untuk banners dan atur posisi banner. Di sini, kami meletakkan banner di posisi footer atau di bawah website. Berikut contoh banner pengaturan modul di Joomla.

 

 

 

 

 

Jangan lupa klik Save & Close untuk menyimpan hasil perubahan. Untuk memastikan hasil perubahan pada website, akses domain website Anda dan cek di halaman footer seperti pada gambar di bawah ini.

 

 

 

 

 

 

Membuat Halaman Kontak

Di dalam pembuatan situs web, kontak halaman sangat penting karena berguna untuk menghubungi pemilik situs web. Jadi halaman kontak yang berisi informasi berupa nama, nomor hp, email, dan lain-lain. Nah, Untuk membuat halaman kontak, klik pada tab menu Components > Contacts > Contacts.

 

 

 

 

 

 

Setelah Anda masuk ke halaman kontak, klik Baru untuk membuat halaman kontak baru. Lalu, isikan informasi yang ingin Anda tampilkan pada halaman Kontak. 

 

Formulir yang perlu Anda isi adalah, posisi , email , alamat , kota atau pinggiran kota , negara bagian atau kabupaten , kode pos/ZIP , negara , telepon , ponsel , faks , dan situs web . Setelah Anda mengisi formulir tersebut, Save & Close untuk menyimpan hasil perubahan. 

 

 

 

 

 

Instal & Unggah Template Joomla

Joomla memungkinkan Anda mengubah tampilan situs web dengan mudah. Caranya, yaitu dengan menginstall template. Dengan begitu, tentu saja,Anda dapat memilih desain template yang tepat sangat penting untuk tampilan situs web Anda. 

 

Beruntung, Joomla memiliki banyak pilihan template baik gratis maupun berbayar. Meskipun tidak sebanyak WordPress atau Drupal, Joomla juga memiliki tampilan-tampilan desain yang tidak kalah bagus. Berikut ini adalah cara install dan upload template di Joomla.

 

1.Klik tab menu Extensions > Manager > Install. Tampilannya seperti pada gambar dibawah ini.

 

 

 

 

 

Anda akan diarahkan ke halaman upload. Di halaman ini Anda dapat mengunggah plugin, template, dan file lainnya.

Klik, Atau browser untuk file untuk mengunggah template Joomla Anda. tunggu hingga proses upload selesai.

 

 

 

 

 

Klik menu tab Extension > Templates > Styles . Maka, file template yang sudah Anda upload akan ada di menu template dan siap untuk diaktifkan. Untuk mengaktifkan template, klik icon bintang seperti pada gambar di bawah ini.

 

 

 

 

 

 

Setelah berhasil menginstall template, Anda dapat memulai menyesuaikan tampilan halaman dengan konten Anda. Dengan begitu, tampilan website lebih menarik dan pengunjung betah berada di halaman website Anda.

 

 

Perbarui Joomla

Agar Joomla selalu memiliki versi terbaru hal penting. Karena dengan menggunakan versi terbaru dari Joomla Anda akan mendapatkan beberapa fitur terbaru dari Joomla. 

 

Setiap kali Anda login ke halaman dashboard Joomla, Joomla akan otomatis melakukan pengecekan untuk melihat apakah ada versi baru yang tersedia.

Jika ada versi baru dari Joomla, Anda akan melihat pemberitahuan baru di bagian atas panel kontrol. . Tampilannya kira-kira seperti pada gambar di bawah ini.

 

 

 

 

 

Klik pada tombol Update Now untuk melakukan versi terbaru pada Joomla. Setelah itu Anda akan diarahkan pada update halaman. Langsung saja klik tombol Install the Update untuk memulai update.

 

Mempercepat Joomla

Mengapa website harus cepat ? pengunjung adalah karena beberapa pengunjung yang tidak sabar, jika halaman situs web yang lambat, dan pengunjung otomatis akan langsung menutup browser.

 

Itu guna untuk mengakses situs web Joomla, Anda bisa menggunakan fitur yang disediakan di panel kontrol Joomla yaitu Gzip Page Compression dan Joomla Cache . Kedua fitur tersebut dapat membantu Anda untuk mengoptimasi agar website Anda lebih cepat. 

 

Di bawah ini, kami akan menunjukan dua cara meningkatkan kinerja dan kecepatan mengakses situs situs Joomla.

 

 

Mengaktifkan Kompresi Halaman Gzip

Melakukan kompres pada website, dapat membantu Anda mengurangi ukuran file yang ada di dalam situs web Anda. Hal ini akan membuat pengunjung dapat membuka situs web konten dengan cepat karena proses memuat file juga lebih cepat. Berikut cara mengaktifkan Gzip Page Compression di halaman control panel Joomla.

 

1. Pada halaman dashboard Joomla, Anda perlu klik menu tab System > Global Configuration.

 

 

2. Pilih tab menu Server. Kemudian, cari Gzip Page Compression pada opsi Server Settings . Klik Ya untuk mengaktifkan Gzip Page Compression.

Setelah Anda mengaktifkan Gzip Page Compression, klik tombol Save & Close untuk menyimpan hasil perubahan dan menutup halaman Konfigurasi Global.

 

 

 




Untuk memastikan adanya perubahan pada kecepatan situs web, Anda dapat menggunakan Google page Speed untuk memeriksa kecepatan situs web. Berikut perbandingan kecepatan sebelum mengaktifkan Gzip Page Compression.

 

 

 

 

Mengaktifkan Cache Joomla

Dengan mengaktifkan cache, Anda dapat menyimpan konten website Anda yang diambil dari database di server. Jadi, waktu respons situs web Anda akan jauh lebih cepat setiap kali pengguna mengunjungi situs web Anda. 

Untuk mengaktifkan Joomla Cache Anda dapat mengikuti tutorial di bawah ini.

 

1.Pada halaman dashboard Joomla, klik tab menu System > Global Configuration.

 

 

 

2. Selanjutnya, gulir ke bawah di bagian Pengaturan Cache . Isikan beberapa informasi berupa:

 

  • Pengendali Cache (Pilih File untuk grip Cache. Karena sebagian besar hosting menggunakan cache untuk menangani file yang besar).

  • Jalur ke Folder Cache (Kosongkan saja. televisi, jika Anda ingin menyimpan file cache pada direktori khusus).

  • Waktu Tembolok (Form ini akan menentukan berapa lama konten yang di-cache. Gunakan default waktu cache 15 menit).

  • Caching Khusus Platform (Pilih Tidak apabila tidak ada platform yang Anda targetkan secara spesifik). Misalnya, smartphone, tablet, dan lain-lain.

  • Tembolok Sistem:Terdapat dua pilihan yang tersedia yaitu, Progressive caching untuk website yang besar (bisnis dan perusahaan) dan Conservative caching untuk website yang kecil (website pribadi Joomla).

 

 

Setelah Anda menyesuaikan Cache Settings, simpan perubahan dengan klik tombol Save & Exit .

 

 





Untuk memastikan adanya perubahan pada kecepatan website, Anda dapat menggunakan Google Page Speed. Berikut ini adalah gambar perbedaan sebelum dan sebelum mengaktifkan Joomla Cache.



 

 

Menggunakan Cache Plugin

Cara lain untuk mendukung situs web Joomla adalah dengan menggunakan plugin cache. Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan plugin cache di Joomla.

 

1.Pada halaman dashboard Joomla, klik tab menu Extensions > Plugins.

 

 

 

 

 

 

 

2. Kemudian, gunakan tombol search pada halaman Plugins . Masukkan kata kunci Page Cache . Anda kemudian akan menemukan beberapa halaman opsi. indah pilihan dengan cara centang Sistem – Cache Halaman dan klik Aktifkan .

Jika System – Page Cache sudah aktif, maka status akan berubah dari tanda x menjadi Centang hijau . 

 

 

 

 

 

Nah itu tadi, sahabat Lumoshive panduan lengkap bagaimana cara membuat website menggunakan Joomla. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

 

 

Membungkus

Terima kasih sudah menyisihkan sedikit waktu untuk membaca artikel diatas. Jika Anda tertarik untuk bekerja sama dengan Lumoshive Anda dapat menghubungi kami melalui :

 

Email : [email protected]

 

Instagram : @lumoshive.official

Sampai jumpa dilain hari dengan artikel selanjutnya!!

 

Related Post

Bagaimana Cara Memilih CMS Terbaik Antara WordPress, Ghost dan Shopify

by Bloger Lumoshive Ara

May 12, 2022

0

Halo sahabat Lumoshive, pada kesempatan kali ini tim kami akan mengajak Anda untuk membahas Conten...

8 Platform CMS Terbaik Untuk Membuat Website di Tahun 2022

by Bloger Lumoshive Ara

Apr 14, 2022

0

  Di tahun 2022 saat ini, siapa saja bisa membuat website dengan mudah. Tersedia berbagai pl...