by Bloger Lumoshive Ara

Jun 15, 2022

Mengapa Harus Mengenal Data Science?

Ilmu data adalah suatu hal yang banyak digemari saat ini, sehingga menjadi seorang Data Scientist merupakan pekerjaan yang sangat populer. Anda mungkin pernah membuka lowongan pekerjaan untuk sebagian orang, sehingga Anda sudah mengetahui berapa gaji yang ditawarkan untuk seorang ilmu data.

Begitu fantastis bukan? Tidak hanya itu, pekerjaan untuk menjadi seorang Data Scientist tidak hanya dibutuhkan beberapa tahun saja. Dunia ini, dipenuhi oleh banyak data atau dapat disebut sebagai Big Data sehingga diperlukan pekerjaan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Selain itu penyedia data science & machine learning (DSML) menunjukkan ketahanan yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir saat mereka bekerja untuk mempertahankan inovasi tingkat tinggi selama masa-masa sulit. 

Dengan campuran vendor yang luas, mereka menawarkan berbagai kemampuan dengan solusi yang sesuai untuk sebagian besar tingkat kematangan. Bahkan lebih banyak vendor bertujuan untuk menarik ilmuwan data ahli dan ilmuwan data warga sambil menambahkan lebih banyak kemampuan untuk insinyur data, pengembang, dan insinyur ML. 

Itu karena ilmu data bersifat ekspansif, dengan strategi yang diambil dari ilmu komputer, statistik, dan algoritma yang berbeda, dan dengan aplikasi yang muncul di semua bidang, bidang tantangan ini mengatasi cakupan luas masalah yang menyebar di bidang sains, inovasi, dan masyarakat. Meskipun data besar adalah puncak operasi pada tahun 2021, masih ada kemungkinan masalah atau kesulitan yang dapat diatasi oleh para analis. 

Meskipun demikian ada beberapa masalah yang dikabarkan tumpang tindih dengan bidang ilmu data ini. Namun, bagi sebagian orang Ilmu data adalah karir yang sangat bagus dengan peluang luar biasa untuk kemajuan di masa depan. Bahkan dikabarkan sudah ada permintaan yang sangat tinggi untuk profesional ilmu data.

Tugas seorang profesional ilmu data adalah bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data dalam jumlah yang sangat besar dan temuannya untuk memecahkan masalah. 

Orang-orang dengan keahlian yang sangat baik dalam bahasa pemrograman dan keterampilan teknis lanjutan mengisi pekerjaan ilmu data teratas . 

 

Apa itu data Science?

Data Science adalah suatu bidang studi yang mengkombinasikan kemampuan programming, matematika, dan statistika, juga pengetahuan umum untuk mendapatkan suatu insight (wawasan) dari data struktur maupun tidak struktur (Wikipedia). 

Dari pengertian tersebut secara umum dapat disimpulkan bahwa Data Science tidak hanya berfokus pada satu disiplin ilmu saja, melainkan lebih dari satu disiplin ilmu agar mendapatkan hasil yang lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Menurut Chikio Hayashi dari Institut Statistika Matematika Sakuragaoka, pengertian data science adalah ilmu pengetahuan interdisiplin tentang metode komputasi untuk mendapatkan wawasan berharga yang dapat ditindaklanjuti dari kumpulan data yang mencakup tiga fase yaitu desain data, mengumpulkan data, dan analisis data. Sebagai ilmu interdisiplin, data science mempunyai definisi yang berbeda-beda dari akademisi maupun praktisi yang berkecimpung di dalamnya.

Untuk menjadi seorang data Scientist ada beberapa skill penting yang dibutuhkan. Diantaranya yaitu kemampuan mengumpulkan dan  memfilter data, kemampuan statistik dan sense of math untuk pemodelan. Selain itu dibutuhkan juga kemampuan communication data insight. 

Data science atau ilmu data merupakan ilmu terapan baru yang perkembangannya dituntut oleh meningkatnya penggunaan teknologi secara signifikan. Data science digunakan oleh perusahaan maupun instansi tertentu untuk melakukan analisis data yang tidak bisa dilakukan dengan metode sederhana. 

Misalnya, marketplace Tokopedia ini yang memerlukan suatu pengetahuan yang dapat melakukan analisis data penjual dan pembeli di platform mereka. 

Tentunya, data yang mereka punyai setiap detiknya terus berubah atau bertambah. Sehingga diperlukan suatu metode komputasi untuk mengambil data tersebut serta melakukan perhitungan yang dapat menganalisis informasi pada data tersebut. 

 

Manfaat Penting Belajar Ilmu Data

1.Gaji dan peluang yang menjanjikan Data scientist, data analyst, dan data engineer merupakan salah satu profesi yang semakin populer dan diminati di era industri 4.0. Berbagai kalangan usia dan latar belakang, kini sudah bisa berkarier menjadi praktisi data. Saat ini hampir seluruh perusahaan sudah menerapkan data science sebagai bentuk strategi bisnis mereka dan menyebabkan semakin ketatnya persaingan dalam membangun bisnis. Dengan adanya perkembangan penggunaan data science, maka hal ini memberikan pengaruh pada pencarian serta terbukanya lowongan pekerjaan sebagai praktisi data di industri.

2. Big data kini kian dibutuhkan di kalangan industri, selain itu big data juga telah menciptakan revolusi di bidang IT dan hampir di setiap industri. Dengan banyaknya jenis-jenis big data yang ada saat ini dapat menjadi kekuatan yang dapat mendorong dominan di balik kesuksesan setiap perusahaan dan organisasi di seluruh dunia. Salah satunya di dalam bisnis, perusahaan bisa menemukan insight baru tentang tren dan apa yang pelanggan inginkan pada suatu produk atau layanan dari pengelolaan big data.

3.Ilmu data dapat mengubah dunia menjadi lebih baik. Itu karena ilmu data memiliki hal yang cukup kompleks. Selain itu proses dari pengumpulan data yang jumlahnya besar dan selanjutnya perlu adanya penggabungan datar dalam proses pengelolaan data itu sendiri dengan begitu proses tersebut nantinya akan menjadi sebuat data yang bermanfaat.

 

Definisi dari data scientist sendiri adalah:

 "A data scientist is someone who is better at statistics than any software engineer and better at software and software engineering than any statistician

(atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan menjadi "Data Scientist adalah seorang yang mahir statistik dari software engineer dan mahir di bidang software engineer dari statistikawan").

 

Beberapa Disiplin Ilmu Data yang Dapat Dikombinasikan Tidak Lain Adalah:

Machine Learning

Machine Learning merupakan irisan dari matematika dan statistik dengan ilmu komputer dan merupakan cabang dari disiplin ilmu kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). AI adalah sebuah sistem komputer dengan program khusus untuk bisa menjalankan  tugas layaknya manusia. Manusia mengembangkan mesin dan konsep AI untuk melengkapi dan meningkatkan kinerjanya. 

Sebagai contoh Film Hollywood sering menggambarkannya sebagai mesin atau robot yang akan mengambil alih dunia. Konsep dasar dari machine learning  adalah memberikan kemampuan pada komputer untuk terus belajar sehingga komputer dapat menganalisa data dengan akurasi yang tinggi. Contoh penerapannya adalah Cortana atau asisten yang tersedia pada Windows 10, Alpha-Go, dan Voice Search  pada Google.

 

Software Development

Pengembangan perangkat lunak adalah proses pengembangan produk berupa perangkat lunak, agar tetap memenuhi nilai kegunaan. Proses ini dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan tergantung dari siklus yang dihadapinya.

Menurut IBM Research, pengembangan perangkat lunak mengacu pada rangkaian aktivitas komputer yang bertujuan untuk menciptakan, mendesain, menyebar, dan mendukung perangkat lunak .

Proses ini, biasanya dilakukan untuk menghasilkan perangkat lunak dengan kualitas tertinggi dengan biaya terendah dalam waktu singkat. Proses ini juga mencakup rincian rinci untuk pengembangan, perubahan, dan pemeliharaan perangkat lunak .

Dalam beberapa perusahaan, proses ini menggunakan beberapa tahapan, seperti perencanaan, desain, pembangunan, pengujian, dan penyebaran. Untuk melaksanakan proses ini, biasanya menggunakan metode waterfall, spiral, dan agile . 

Sebagian besar proses ini dijalankan oleh programmer, software engineer , dan software developer. Posisi-posisi ini akan terhubung sesuai dengan deskripsi kerja masing-masing.

Tidak hanya itu saja, istilah ini juga merupakan irisan dari ilmu komputer dengan domain knowledge. Biasanya digunakan di beberapa perusahaan maupun instansi untuk mempermudah mereka untuk menjalankan pelayanan atau bisnis mereka dengan cara mereka membuat semacam aplikasi yang bisa digunakan oleh siapapun dimanapun dan kapanpun. 

Sehingga mempermudah orang untuk mengaksesnya tanpa harus repot-repot datang ke instansi.  Contohnya adalah e-banking, e-library, dan lain-lain.

Traditional Research

Traditional Research adalah irisan dari ilmu matematika dan statistika dengan domain knowledge. Traditional research hampir digunakan di berbagai perusahaan, instansi serta universitas. Biasanya digunakan  untuk mempelajari atau menganalisa data yang nantinya bisa mengambil insight yang diinginkan.     

Selain itu metode penelitian tradisional terdiri dari pelaksanaan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif menggunakan analisis statistik dengan menguraikan komponen-komponen pengamatan yang dibandingkan dengan elemen-elemen lainnya. Penelitian kualitatif berfokus pada penyelidikan berbagai perilaku partisipan, biasanya dengan kelompok-kelompok kecil, yang menghasilkan analisis deskriptif .

Penelitian metode campuran ini melibatkan penggunaan penelitian Kualitatif, dan penelitian Kuantitatif Desain. Keuntungan menggunakan keduanya adalah memanfaatkan kekuatan masing-masing jenis untuk menghasilkan hasil yang paling bermanfaat bagi bidang studi). 

Tantangan penelitian metode campuran dalam mengintegrasikan hasil baik hasil Kualitatif, maupun Kuantitatif agar dapat menyajikan hasil ilmiah yang tidak biasa dan layak untuk didiskusikan. 

Sumber:

 

Membungkus

Terima kasih sudah menyisihkan sedikit waktu untuk membaca artikel diatas. Jika Anda tertarik untuk bekerja sama dengan Lumoshive Anda dapat menghubungi kami melalui :

Email : [email protected]

Instagram : @lumoshive.official

 

Sampai jumpa dilain hari dengan artikel selanjutnya!!

Related Post

Keahlian Teratas Yang Harus Dimiliki Semua Pengembang Frontend Baru Menurut Lumoshive

by Bloger Lumoshive Ara

Apr 03, 2022

0

  Sebagai pengembang frontend, tugasnya adalah memastikan antarmuka pengguna dari program pe...

Peluang Web Developer Ruby on Rails di Indonesia 2022

by Bloger Lumoshive Ara

Apr 22, 2022

0

    Halo sahabat Lumoshive, pada kesempatan kali ini tim kami akan mengajak Anda untuk...

Kenalan Yuk Dengan Secure Access Service Edge (SASE) Sebagai Pintu Utama Menggabungkan Dua Jalur

by Bloger Lumoshive Ara

Jun 27, 2022

0

Sahabat Lumoshive tahukah kamu, sekitar enam dari 10 perusahaan  ingin menerapkan strategi SA...

Berbagi Pengetahuan Seputar Web Developer Dengan Ruby on Rails

by Bloger Lumoshive Ara

Apr 25, 2022

0

  Ruby on Rails adalah bahasa pemrograman yang saat ini, sedang banyak diperbincangkan oleh ...