by Bloger Lumoshive Ara

Mar 31, 2022

Apakah Prospek Karir Programmer Menjanjikan Di Tahun 2021? Ini Kata Lumoshive

 

 

Profesi seorang programmer adalah suatu hal yang banyak digemari dan banyak dicari saat ini. Mengapa jadi incaran bagi setiap orang yang terjun di bidang IT? Karena prospek karir seorang programmer sangat menjanjikan dan menarik banyak orang.

 

Kita tahu bahwa, perkembangan di bidang teknologi saat ini sangat cepat hingga membuat perusahaan mencari talenta-talenta dengan skill yang sesuai kebutuhan industri mereka.

 

Maka dari itu tidak heran jika programmer saat ini sangat dibutuhkan dan memiliki banyak peluang yang cukup tersedia di perusahaan manapun.

 

LaLu, apa saja yang dibutuhkan untuk mulai berkarir sebagai seorang programmer?

 

Postingan kali ini, tim Lumoshive akan menjelaskan mengenai tentang prospek karir sebagai seorang programmer dan keterampilan apa saja yang dibutuhkan oleh seorang programmer.

 

 

Prospek Karir Programmer

 

 

Alih-alih Kita membicarakan tentang prospek karir seorang programmer, tetapi semua itu bergantung dari setiap perusahaan.

Kita tahu bahwa, umumnya jenjang karir seorang programmer tidak lain adalah:

  • Junior programmer (1-2 tahun).

  • Middle programmer (3-5 tahun).

  • Senior programmer atau lead (lebih dari 5 tahun).

Untuk dapat naik ke tahap berikutnya dari posisis junior ke middle ini tidak dilihat dari berapa lama mereka bekerja di perusahaan. Melainkan juga dari berapa jumlah proyek yang pernah mereka kerjakan sebelumnya.

Ada dua jenis role programmer tidak lain adalah managerial dan engineering.

 

Manajerial

Role yang memiliki tanggung jawab sebagai pengambilan keputusan dan pemimpin dalam sebuah tim programmer. Dimana mereka harus memberikan bimbingan kepada tim agar kinerja mereka bisa lebih baik.

Catatan: Tetapi, jika Anda memilih role manajerial, ini akan mempermudah jalan menuju posisis sebagai pemimpin atau lead bahkan Anda akan memiliki kesempatan untuk menjadi CTO (Chief Technology Officer).

Engineering

Berbeda dengan managerial, role ini sebagai engineering tanggung jawab utamanya adalah fokus pada engineering saja. Artinya, seorang engineer hanya membuat coding dan paham dengan segala jenis teknologi yang digunakan oleh perusahaan. Dimana mereka akan menjadi orang pertama yang dicari untuk pertanyaan mengenai tentang teknologi.

 

Skil yang Perlu Dikuasai Seorang Programmer

 

 

1.Coding

Saat belajar coding, tidak perlu menguasai semua bahasa pemrograman akan tetapi Anda perlu fokus dengan aplikasi apa atau program yang sedang Anda kerjakan. Misalnya, Anda ingin merancang aplikasi yang berbasis Android yang perlu Anda pelajari adalah bahasa pemrograman seperti, Java dan Kotlin. Tetapi, jika Anda ingin membangun aplikasi iOS, pastikan Anda memahami dengan Swift.

2.Analytical Thinking

Seorang programmer harus bisa menggunakan analytical thinking untuk mencari jalan keluar dari suatu masalah yang sedang dihadapi. Dengan memiliki kemampuan itu, akan mempermudah dalam melihat suatu masalah dari hal kecil yang sehingga akan lebih mudah untuk mencari cara untuk menyelesaikannya.

3.Melihat Pola

Saat membuat kode Anda akan mengikuti pola yang sama, sehingga kemampuan melihat pola ini sangat penting bagi setiap programmer. Dengan kemampuan ini tentu akan mempermudah mengerjakan coding dan meningkatkan keterampilan dan kualitas diri sebagai seorang programmer.

4.Komunikasi

Kunci utama untuk menjadi sukse dari seorang programmer adalah komunikasi yang baik dengan tim. Tim Lumoshive percaya dengan proses komunikasi dan penyampaian yang lebih baik dengan tim anda kemampuan ini akan ada kesempatan untuk Anda meraih role managerial. Percayalah jika seorang pemimpin tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik pasti akan sulit untuk menjalin hubungan dengan tim dan membuat keputusan untuk mencapai tujuan bersama.

5.Bahasa Inggris

Kebanyakan dari orang tidak menyadari bahwa, kemampuan bahasa Inggris juga tak kalah pentingnya untuk dikuasai oleh seorang programmer. Pasalnya, penulisan kode kita tahu bahwa rata-rata dan hampir seluruhnya menggunakan kemampuan bahasa Inggris. Tidak hanya itu saja, kebanyakan dari dokumentasi, bahasa pemrograman, framework dan resource umumnya menggunakan bahasa Inggris. Tujuannya, agar lebih mudah dalam melakukan coding Anda perlu menguasai bahasa Inggris terlebih dahulu.

6.Belajar hal Baru dan Belajar Lebih

Jika, seorang programmer kehilangan kemampuan untuk terus belajar hal baru (bisa dikatakan bahwa, karirnya telah berhenti dan tidak berkembang lagi). Tetapi, dengan selalu mau belajar lebih dan hal baru pastinya akan lebih mudah untuk berkontribusi pada perusahaan.



Tips Berkarir Sebagai Seorang Programmer

 

 

Sebelum Anda memutuskan untuk terjun sebagai programmer, ketahui dulu beberapa tips dari Lumoshive berikut:

 

1.Lakukan aptitude test

Dengan mengikuti aptitude tes, anda akan tahu apakah programmer memang benar-benar pekerjaan yang sesuai untuk Anda atau tidak. Aptitude test adalah sebuat tes bakat yang dapat membantu Anda mengetahui apa sebenarnya bakat dan jalur karir apa yang tepat untuk Anda.

 

2.Mengetahui motif Anda untuk masuk ke Industri ini

Anda perlu memahami diri sendiri dan mengetahui apa sebenarnya yang Anda inginkan hingga ingin mencoba profesi sebagai programmer. Apakah mengejar karir tersebut memang sepadan dengan usaha yang dikeluarkan dan sesuai dengan cita-cita Anda atau sebaliknya.

 

3.Mulai belajar

Setelah Anda yakin jika profesi programmer adalah pilihan Anda, Anda dapat memulai untuk mempelajari apa saja yang dibutuhkan sebagai seorang programmer. Namun, Anda perlu memastikan satu hal yang membuat Anda tertarik, agar Anda dapat fokus untuk mempelajari hal tersebut.

 

4.Mencoba jadi freelance

Sebelum memulai apply pekerjaan, pastikan Anda sudah memiliki portofolio. Karena itu, Anda dapat mencoba menjadi freelance dan mengerjakan beberapa proyek.

 

5.Memulai apply pekerjaan

Anda dapat memiliki tendensi untuk underestimate dan overestimate kemampuan Anda sendiri. Tujuannya, untuk menguji kemampuan yang Anda miliki, Anda dapat mencoba apply di perusahaan-perusahaan. Dengan begitu, akan tahu seperti apa kemampuanmu jika dibandingkan dengan kandidat lainnya.

6.Meminta feedback

Jika Anda sudah melakukan apply dan mengalami kegagalan pentingnya untuk meminta feedback dari recruiter. Dengan mengetahui apa yang ditinggalkan, tentu akan dapat membantu Anda untuk memperbaiki diri agar bisa lebih siap kedepannya.

 

Membungkus

Terima kasih, sudah menyisihkan sedikit waktu untuk membaca artikel diatas. Jika Anda tertarik untuk bekerja sama dengan Lumoshive Anda dapat menghubungi kami melalui :

 

Email : [email protected]

 

Instagram : @lumoshive.official

 

Sampai jumpa dilain hari dengan artikel selanjutnya!!

 

Related Post

Menjadi Programing Itu Sangat Sulit – Tapi Jangan Menyerah

by Bloger Lumoshive Ara

Jan 27, 2022

0

Ketika Anda ingin belajar melakukan sesuatu hal yang baru, itu memanglah sangat sulit terutama bag...

Istilah dan Definisi Pemrograman Teratas Untuk Pemula Yang Perlu Ketahui Menurut Lumoshive

by Bloger Lumoshive Ara

Apr 05, 2022

0

    Seperti halnya keterampilan apapun, penting untuk kita mempelajari istilah dasar y...

Bahasa Pemrograman Dan Tujuannya serta Fungsinya

by Bloger Lumoshive Ara

Jun 04, 2022

0

Hallo sahabat Lumoshive, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengenal bahasa pe...

Ini Loh Bahasa Pemrograman Perl yang Lagi Populer di Tahun 2022

by Bloger Lumoshive Ara

Apr 26, 2022

0

  Halo sahabat Lumoshive, pada kesempatan kali ini tim kami akan mengajak Anda untuk menge...