by Fadhilla Dwi Ristianti

May 31, 2022

PHP VS JAVA : PILIH MANA ?

Selama beberapa waktu, terjadi persaingan cukup sengit antara Java dan PHP di dunia pemrograman. Jadi mana yang lebih baik di antara dua produk ini? Mari kita bandingkan dan lihat apakah cocok untuk proyek kamu. 

Saat memulai proses pembelajaran, banyak pemula sering bingung bahasa mana yang harus mereka pilih untuk pertama kali. Jawabannya biasanya tergantung pada preferensi pribadi dan kebutuhan masing-masing. Meskipun kedua bahasa ini serupa, mereka berbeda dalam beberapa aspek seperti set instruksi, pemrograman berorientasi sisi server, atau pemrograman berorientasi objek. Perbedaan antara keduanya dapat dianggap sebagai pro dan kontra, tergantung pada masalah yang perlu dipecahkan.  

 

PERBANDINGAN PHP DAN JAVA : MANA YANG HARUS DIPILIH? 

 

Coding dan Kecepatan 

 

Java adalah bahasa pemrograman kelas dan berorientasi objek. Ini memungkinkan penulisan kode hanya sekali untuk pengimplementasian pada platform yang berbeda. Kode berjalan dengan cepat pada perangkat dimana Java Virtual Machine (JVM) diinstal. Di Java, kode sumber yang ditulis oleh programmer diubah menjadi bahasa biner agar JVM dapat memahami dan beradaptasi dengan sistem operasi perangkat. 

  Sebaliknya, PHP menawarkan keunggulan untuk pengkodean dan konsumsi memori. Dalam PHP, kode pertama-tama dikirim ke interpreter, kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin dan diimplementasikan. 

 Pengkodean aplikasi lebih cepat dengan PHP dibandingkan dengan Java. 

 

Performa 

 

Karena kedua bahasa ini memiliki dasar yang berbeda untuk interpretasi kode, sulit untuk membandingkan kinerjanya. Kode di Java akan dikompilasi sebelumnya menjadi bytecode. Di PHP, dibutuhkan waktu untuk mematuhi bytecode untuk setiap permintaan. 

Sementara Java dan PHP telah dioptimalisasi, Java telah menunjukkan hasil yang lebih baik daripada PHP. Meskipun versi terbaru PHP memangkas konsumsi memori, dari segi kinerja, itu tidak dapat mengungguli Java. Java terlihat punya kinerja yang lebih baik dalam menjalankan kode dibandingkan dengan PHP. 

 

Keamanan 

 

Dalam hal keamanan, versi terbaru Java menawarkan fitur keamanan tingkat lanjut, memastikan keamanan tingkat tinggi untuk aplikasi perusahaan kamu. Oleh karena itu, banyak pengembang lebih memilih Java daripada PHP karena fitur keamanannya yang kuat. 

 Meskipun PHP adalah bahasa pemrograman yang populer, PHP masih kekurangan beberapa fitur keamanan dibandingkan fitur bawaan Java yang canggih. Sebagai programmer, kamu perlu memanfaatkan fitur keamanan yang ditawarkan oleh kerangka kerja PHP lain untuk meningkatkan tingkat keamanan aplikasi yang kamu buat dengan PHP. 

 

Stabilitas 

 

Stabilitas adalah aspek penting dari pengembangan aplikasi. Java dan PHP sudah ada sejak lama. Salah satu argumen paling umum adalah bahwa kode PHP kurang dapat diandalkan daripada kode Java, tetapi bahasa mana yang lebih dapat diandalkan? 

 Jika kamu membandingkan Java dan PHP dalam hal stabilitas, Java lebih dapat diandalkan. Java memungkinkan pengembang untuk menulis lebih banyak kode yang diperluas. Dengan demikian, ini membuat aplikasi lebih stabil dan mengurangi kemungkinan aplikasi sering mogok. 

 

 

Kecepatan memuat halaman (Page loading speed) 

 

Kecepatan memuat halaman adalah aspek penting lainnya dari situs web apapun. Sebagian besar pengguna ingin halaman web muncul dalam 2-3 detik. Apa pun yang lebih lambat, dan mereka mulai tidak sabar, pergi ke tempat lain. 

 Seringkali Anda mendapatkan jawaban bahwa Java lambat dan aplikasi Java EE tidak mendapatkan performa yang sama dengan halaman berbasis PHP. 

Java membutuhkan lebih banyak waktu untuk memuat halaman, khususnya jika menyertakan beberapa logika kompleks. Di sisi lain, PHP memuat halaman dengan cepat karena memuat lebih ringan, tidak seperti mesin JSP. 

 

Dokumentasi 

 

Baik Java dan PHP punya sejarah yang panjang, sehingga kamu bisa menemukan banyak sekali dokumentasi untuk kedua bahasa pemrograman tersebut. Untuk melihat dokumentasi resmi Java, kamu bisa mengunjungi Oracle, disana kamu  akan dengan mudah menemukan semua informasi yang mungkin  dibutuhkan. 

 PHP sudah ada sejak 1995. Meski begitu, kamu akan menemukan dokumentasinya sebagian sudah ketinggalan zaman, membingungkan, dan tidak konsisten. 

 

Popularitas 

 

Untuk membandingkan popularitas kedua bahasa ini, kamu cuma perlu melihat data mereka. Java lebih diminati di kalangan programmer. 

 Berdasarkan survey, 19,1% programmer bersedia belajar Java, dan hanya 6,2% yang ingin belajar PHP. Juga, survey lain menemukan bahwa bahasa yang paling banyak diminati di luar sana adalah Java. PHP menempati peringkat ke-7. 

 Dalam studi lain, ditemukan bahwa 44,1% profesional ingin terus bekerja dengan Java sementara hanya 37,3% yang ingin bekerja dengan PHP. 

 

Kemudahan untuk dipelajari 

 

Baik PHP dan Java mudah dipelajari. Namun, jawabannya akan tergantung pada pengetahuan dan keterampilan kamu sebelumnya. Beberapa programmer mengatakan bahwa perpustakaan Java terlalu dalam. Yang lain berpendapat bahwa sintaks Java lebih sederhana dibandingkan dengan PHP dan mirip dengan bahasa Inggris. 

Kalau kamu terbiasa dengan C++ atau C, kamu akan menemukan Java sangat mirip dalam hal sintaks. Selain itu, misalkan kamu punya pengetahuan tentang Oracle dan SCRUM, kamu bisa menggabungkan keterampilan dengan Java saat mengembangkan aplikasi web atau seluler tanpa harus menghabiskan waktu untuk mempelajari bahasa pemrograman ini. 

 

Masing-masing bahasa pemrograman ini punya kekurangan dan kelebihan. Sekarang semua tergantung project yang sedang kamu kerjakan dan apa yang kamu butuhkan. Jadi, kamu pilih yang mana guys? 

 

Sumber : 

Related Post

Kamu Wajib Tahu – Mengapa Java Begitu Sangat Populer Bagi Para Pengembang dan Programmer

by Bloger Lumoshive Ara

Jun 30, 2022

0

Salah satu alasan terbesar mengapa Java begitu populer adalah independensi platform. Selain itu pr...

4 Bahasa Pemrograman Terbaik Untuk Dipelajari di 2022

by Fadhilla Dwi Ristianti

May 21, 2022

0

Dari karyawan robot hingga metaverse, dunia kita saat ini menjadi lebih digital. Itulah mengapa be...

PHP VS JAVA : PRO DAN KONTRA

by Fadhilla Dwi Ristianti

Jun 14, 2022

0

Sekarang ini, ada kurang lebih 700 bahasa pemrograman di luar sana untuk membantu permudah sebuah ...

BEBERAPA ALASAN KENAPA BELAJAR JAVA ITU PENTING

by Fadhilla Dwi Ristianti

Mar 24, 2022

0

Java masih jadi bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan hingga hari ini. Yang mengejutkan,...