by Fadhilla Dwi Ristianti

Feb 06, 2022

6 KEBIASAAN INI BISA BIKIN KAMU SUKSES JADI SOFTWARE DEVELOPER

Seiring dengan berkembangnya industri teknologi, permintaan akan tenaga kerja di bidang ini juga pasti akan meningkat drastis. Begitu juga dengan profesi software developer. Dengan semakin banyaknya orang yang terjun di bidang ini, juga meningkatkan daya saing di antara para profesional tersebut. Kamu harus punya nilai plus, supaya sukses menjadi software developer.  Jadi, apa kualitas yang diperlukan untuk jadi pengembang perangkat lunak yang suksesJawaban tentu bisa beragam, tergantung pada siapa kamu bertanya. Tapi, ada 6 tips yang bisa jadi kebiasaan bagus untuk kamu bangun.  Apa saja itu? Yuk kita simak guys! 

 

  1. 1. TERBUKA 

         Keterbukaan adalah kebiasaan penting yang berlaku di semua bidang pekerjaanmu sebagai software developer. Ini berlaku untuk caramu berkomunikasi dengan rekan kerja, mendengarkan pengguna, cara menerima kritik dan saran dan cara pandang dalam melihat suatu tantangan baru. Terbukalah selalu tentang apa yang kamu ketahui dan tidak. Tidak mengetahui sesuatu itu bukan kelemahan lho guys, tapi jadikan itu sebagai kesempatan untuk belajar. 

 

  1. 2. EKSPERIMEN DAN RASA PENASARAN TINGGI 

          Rasa ingin tahu adalah salah satu kunci di pengembangan perangkat lunak. Pelihara rasa ingin tahumu dan biarkan itu mendorong kamu untuk pelajari hal baru. Hal baru itu bisa apa saja, mulai dari teknologi baru, buku, bahasa, pola desain dan cara kerja sebuah pemrograman. Pengembang yang sukses enggak menunggu orang untuk beritahu informasi terbaru tapi akan dengan antusias berusaha cari tahu sendiri. Jadi, jangan pernah berhenti belajar dan ekperimen ya guys! 

 

  1. 3. TUNJUKKAN KETERTARIKAN DALAM TUJUAN BISNIS KLIEN 

           Pastikan kamu paham untuk apa kode-mu dibuat, bahkan akan lebih baik kalau kamu paham tujuan aplikasi yang sedang kamu kerjakan, Kalau kamu enggak yakin dengan tujuan tersebut, carilah orang yang bisa jelaskan tujuan bisnis tersebut. Melakukannya dengan benar sejak awal bisa menghemat waktumu yang berharga dan lebih efektif. Selain itu mengerti tujuan klien adalah cara bagus untuk membangun kepercayaan dan relasi profesional yang kuat. 

 

  1. 4. TERUS BELAJAR DAN TINGKATKAN KEMAMPUAN 

            Industri teknologi adalah pasar yang serba cepat dimana produk baru diluncurkan setiap minggunya. Untuk menjadi sukses, kamu harus mengikuti perkembangan tersebut. Karena itu, salah satu kompetensi penting dari developer yang sukses adalah terus belajar secara konsisten dan mandiri. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan diri 

  • Ikuti blogger / vlogger di bidang keahlianmu (dan yang di luar bidang juga.) 

  • Menghadiri acara dan konferensi teknologi. 

  • Kunjungi website resmi software atau teknologi lain yang kamu gunakan secara teratur, untuk memeriksa informasi terbaru seputar produk. 

  • Sering berdiskusi dengan rekan kerja tentang teknologi terbaru. 

  • Baca buku 

  • Lakukan percobaan sendiri seputar teknologi yang kamu gunakan. 

 

  1. 5. INOVASI, ULANGI, TAPI JANGAN MEMULAI SESUATU DARI AWAL LAGI 

               Menjadi software developer butuh banyak akal, karena kamu harus menemukan solusi inovatif untuk setiap masalah yang dihadapi. Tapi jangan memulai semuanya dari awal lagi, karena itu akan membuang waktumu. Saat merancang perangkat lunak, pertimbangkan bahwa kamu mungkin enggak akan melakukannya dengan benar pertama kali.  Ini bukan masalah selama kamu menjaga semuanya tetap sederhana, mengulangi dan memperbaiki kode secara teratur. 

 

  1. 6. TERBIASA DENGAN KETIDAKNYAMANAN 

               Software development adalah sebuah proses belajar yang tanpa henti. Kesadaran bahwa masih banyak hal yang enggak kamu ketahui memang membuat enggak nyaman. Tapi ketidaknyamanan itu yang menjadi motivasi untuk terus belajar hal baru 

                 

Sekarang setelah kamu tahu 6 tips di atas, kamu bisa mulai menerapkannya di keseharianmu. Saat menerapkannya mungkin kamu akan berada di luar zona nyaman. Namun dengan konsistensi, pasti kamu bisa sukses menjalaninya. 

 

Sumber: 

Related Post

TINGKATKAN PRODUKTIVITASMU DENGAN 5 KEBIASAAN INI!

by Fadhilla Dwi Ristianti

Jan 18, 2022

0

Semua orang pasti menginginkan agar lebih produktif dalam bekerja, a...

10 SOFTWARE SKILL PALING DICARI DI 2022 (PART II)

by Fadhilla Dwi Ristianti

Mar 13, 2022

0

Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas 5 software skill paling dicari, maka kali ini kami aka...

LEBIH PRODUKTIF DENGAN PRODUCTIVITY TOOLS. BENARKAH EFEKTIF?

by Fadhilla Dwi Ristianti

Mar 28, 2022

0

Productivity tools sesungguhnya bisa berbentuk macam-macam. Namun yang dimaksud disini adalah prod...

10 SOFTWARE SKILL PALING DICARI DI 2022

by Fadhilla Dwi Ristianti

Mar 05, 2022

0

Menurut beberapa survey, tren industri IT semakin meningkat di tahun 2022. Ini berarti lapangan pe...